Makanan adalah suatu hal pokok yang siapa saja pasti membutuhkan sehingga bisa dijadikan peluang usaha yang menguntungkan. Bisa dengan membuka usaha warung makan yang pastinya sangat menguntungkan, yang penting bisa mempertahankan kualitas rasa yang diberikan agar banyak pelanggan yang datang. Konsep dari warung makanĀ  menyediakan berbagai olahan menu masakan yang disediakan di rak kaca sehingga para pelanggan cukup menunjuk makanan apa yang dipilih. Ada juga yang memiliki konsep prasmanan sehingga para pelanggan bisa mengambil sendiri makanan yang diinginkan

Tips Jitu Memulai Usaha Warung Makan Untuk Pemula

Untuk memulai usaha makanan sebaiknya Anda sudah menentukan target konsumen, misalnya jika target Anda adalah mahasiswa maka nasi yang banyak disediakan adalah nasi rames, atau bisa juga dibuka di tempat yang ramai seperti pasar, terminal dan juga pinggir jalan. Selanjutnya juga perlu memperhatikan apakah tempat usaha Anda tersebut ngontrak rumah atau hanya kios saja,hal ini penting diperhatikan karena akan mempengaruhi dalam memasak apakah memasak di rumah atau di tempat jualan. Fasilitas yang sudah ada dalam tempat jualan juga perlu diperhatikan seperti sumber air, tempat cuci piring, kamar mandi, tempat untuk masak dan yang lainnya. kemudian diperlukan untuk menyiapkan interior tempat jualan, pastinya adalah meja dan kursi makan yang tidak perlu mewah tetapi memperhatikan kenyamanan dan juga kebersihan tempatnya. Atau bisa juga menyiapkan karpet dan meja jika ingin dalam bentuk lesehan yang memiliki kelebihan bisa menampung banyak pembeli juga akan hemat kursi.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan menu andalan yang akan dijual, sebaiknya menyediakan minimal dua macam menu. Menu yang bisa dipilih seperti nasi uduk, ayam bakar, soto ayam dan ada banyak menu pilihan agar pembeli tidak merasa bosan makan di tempat Anda. Sediakan etalase kaca untuk meletakkan berbagai menu andalan di arung nasi Anda sehingga pembeli bisa memilih makanan yang sesuai dengan seleranya. Estimasi pelanggan di setiap harinya misalnya ada 20 orang maka usaha ini membutuhkan bahan makanan yang segar dan siap digunakan setiap saat. Untuk pemula usaha ini maka sebaiknya pilihlah barang pagan langsung ke pasar yang masih memiliki kondisi segar dan bisa digunakan sehingga jika disimpan tidak cepat rusak. Kemudian jika sudah memiliki pelanggan dan ingin menambahnya sebaiknya jangan sungkan untuk selalu promosi dengan menyebarkan brosur tentang makanan-makanan yang tersedia di warung Anda.

Related posts: