diare pada anak

diare pada anakGangguan pencernaan yang diakibatkan oleh diare pada anak dapat memiliki dampak negatif pada pertumbuhan anak serta perkembangannya. Hal ini diakibatkan proses penyerapan gizi akan terganggu dan terhambat. Selain mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pada anak, diare juga dapat menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dan diobati dengan benar. Hal itu diakibatkan oleh kuantitas buang air besar yang berlebihan dan terus menerus dapat mengakibatkan si kecil dehidrasi dan kekurangan cairan. Untuk dapat menghindari dan mengatasi gejala-gejala yang sangat mempengaruhi anak, perlu adanya cara untuk dapat mengatasi masalah diare.

Beberapa Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Beberapa cara yang digunakan untuk dapat mengatasi masalah-masalah yang dapat timbul akibat diare pada anak, diantaranya adalah sebagai berikut: tetap memberikan makanan dan minum yang bergizi. Saat si kecil sedang diare, langkah yang sebaiknya diambil adalah tetap tenang dan tidak terlalu gelisah serta tetap memberikan penanganan yang baik dan benar. Salah satunya adalah dengan memberikan makanan dan minum. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena pada saat diare anak akan sangat kekurangan cairan.

Cara mengatasi gejala-gejala yang timbul dari diare pada anak yang lainnya adalah dengan mengonsumsi air garam dan gula. Cara yang bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama pada diare adalah dengan membuatkan larutan garam dan gula. Hal ini bertujuan untuk dapat menggantikan cairan-cairan tubuh yang hilang, cara membuatnya cukup mudah, sehingga sangat efektif untuk dijadikan sebagai pertolongan pertama, pembuatannya yaitu dengan melarutkan 6 sdt gula dan ½ sdt garam dalam air, aduk campuran tersebut sampai benar-benar melarut secara sempurna kemudian berikan pada anak secara teratur. Selain larutan gula dan garam, kita juga bisa memberikan oralit untuk dapat meredakan diare. Jika kondisi si kecil tidak kunjung membaik, cara yang paling akhir adalah dengan membawanya ke dokter. Hal ini untuk mencegah timbulnya kemungkinan terjadinya hal yang lebih buruk. Itulah beberapa cara yang bisa diberikan sebagai pertolongan pertama pada saat diare.

Related posts: